الجمعة، 10 مايو 2013

18.pengertian animasi

Pengertian Animasi

       Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi sebagai makna dari istilah 'gerakan'. Perubahan seperti perubahan warna pun dapat dikatakan sebuah animasi.

1 Konsep Dasar Animasi
     Pengertian animasi pada dasarnya adalah menggerakkan objek agar
tampak lebih dinamis. Sebelum era komputerisasi seperti sekarang,
animasi merupakan proses yang rumit dan menyita banyak waktu dan
tenaga. Film-film animasi terdahulu menggunakan ratusan sampai
ribuan gambar sketsa tangan untuk membuat sebuah animasi
pergerakan satu-persatu. Tiap gambar bergerak tersebut dikenal
dengan frame. Untuk membuat animasi yang halus pergerakannya
maka dibutuhkan makin banyak gambar.
Setelah era komputer grafik seperti sekarang, proses animasi tidak
lagi merupakan suatu proses yang terlalu rumit. Seorang animator 2D
atau 3D cukup menganimasikan frame awal dan akhir dari suatu
pergerakan animasi, selebihnya komputer akan mengkalkulasi
gerakan di antaranya (dikenal dengan istilah In-Between). Informasi
pergerakan sebuah objek dicatat komputer dengan informasi berupa
keyframe. Jumlah keyframe dan frame di antaranya inilah yang
menentukan halus atau tidaknya sebuah pergerakan animasi.
Maya Unlimited 5.0 dikenal sebagai salah satu perangkat lunak
animasi 3D terbaik yang digunakan dalam film, game, iklan, dan
industri visual lainnya. Sebagai animasi berbasis perangkat lunak,
pergerakan animasi pada Maya menggunakan metode keyframe
sebagai dasar pembuatan animasi.

2. Animasi Keyframing
Setting dan control playback pada animasi berada pada panel bagian
bawah. Prinsip pengertian penggunaan panel ini sangat esensial
dalam pengerjaan proses animasi.

Macam-Macam Animasi

Animasi dalam aplikasi Flash MX terdapat dua metode atau dua macam, yaitu : Animasi Tween dan Animasi Frame-by-Frame.
Terdapat pula dengan cara pemograman menggunakan Action Script, yaitu dengan mengubah properti-properti sebuah objek, simbol atau instance.
Akan tetapi cara tersebut lebih sulit daripada Animasi Tween dan Animasi Frame-by-Frame.

a) Animasi Tween
Sebuah cara yang efektif untuk membuat animasi berupa pergerakan dan perubahan-perubahan ukuran objek, putaran, perubahan warna, atau perubahan atribut-atribut lainnya pada keseluruhan waktu tayang untuk meminimalkan ukuran file.
* Animasi Flash MX dapat membuat dua jenis animasi tween, yaitu :


1. Animasi Motion Tween :
Sebuah animasi yang dibuat dengan menentukan properti posisi, ukuran, dan rotasi sebuah objek pada suatu titik. Animasi ini juga dapat dibuat mengikuti sebuah alur (path) nonlinear.

2. Animasi Shapes Tween
Sebuah animasi yang dibuat dengan menggambar sebuah bentuk pada suatu titik. Aplikasi ini akan menyisikan nilai-nilai atau bentuk-bentuk pada frame-frame diantaranya untuk membuat animasi.

b) Animasi Frame-by-Frame
Animasi yang dibuat dengan mengubah isi-isi objek animasi pada stage dalam setiap framenya. Animasi ini sangat cocok digunakan untuk pembuatan animasi-animasi yang sangat kompleks dalam membuat perubahan-perubahan image dalam setiap frame.

Animasi Frame-by-Frame dapat meningkatkan ukuran file lebih banyak dengan cepat daripada animasi tween.

# Dalam Animasi Frame-by-Frame, aplikasi Flash MX meletakkan nilai-nilai untuk setiap frame dan key frame secara lengkap, sehingga membutuhkan ruang penyimpanan data yang lebih banyak.
# Dalam Animasi Tween hanya menyimpan data keyfraame awal dan keyframe akhir.

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق