Pengertian Animasi
Animasi
merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa
sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar
yang ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang
dideteksi secara visual oleh mata penonton sehingga tidak harus
perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi sebagai makna dari
istilah 'gerakan'. Perubahan seperti perubahan warna pun dapat dikatakan
sebuah animasi.
1 Konsep Dasar Animasi
Pengertian animasi pada dasarnya adalah menggerakkan objek agar
tampak lebih dinamis. Sebelum era komputerisasi seperti sekarang,
animasi merupakan proses yang rumit dan menyita banyak waktu dan
tenaga. Film-film animasi terdahulu menggunakan ratusan sampai
ribuan gambar sketsa tangan untuk membuat sebuah animasi
pergerakan satu-persatu. Tiap gambar bergerak tersebut dikenal
dengan frame. Untuk membuat animasi yang halus pergerakannya
maka dibutuhkan makin banyak gambar.
Setelah era komputer grafik seperti sekarang, proses animasi tidak
lagi merupakan suatu proses yang terlalu rumit. Seorang animator 2D
atau 3D cukup menganimasikan frame awal dan akhir dari suatu
pergerakan animasi, selebihnya komputer akan mengkalkulasi
gerakan di antaranya (dikenal dengan istilah In-Between). Informasi
pergerakan sebuah objek dicatat komputer dengan informasi berupa
keyframe. Jumlah keyframe dan frame di antaranya inilah yang
menentukan halus atau tidaknya sebuah pergerakan animasi.
Maya Unlimited 5.0 dikenal sebagai salah satu perangkat lunak
animasi 3D terbaik yang digunakan dalam film, game, iklan, dan
industri visual lainnya. Sebagai animasi berbasis perangkat lunak,
pergerakan animasi pada Maya menggunakan metode keyframe
sebagai dasar pembuatan animasi.
2. Animasi Keyframing
Setting dan control playback pada animasi berada pada panel bagian
bawah. Prinsip pengertian penggunaan panel ini sangat esensial
dalam pengerjaan proses animasi.
Macam-Macam Animasi
Animasi dalam aplikasi Flash MX terdapat dua metode atau dua macam, yaitu : Animasi Tween dan Animasi Frame-by-Frame.
Terdapat
pula dengan cara pemograman menggunakan Action Script, yaitu dengan
mengubah properti-properti sebuah objek, simbol atau instance.
Akan tetapi cara tersebut lebih sulit daripada Animasi Tween dan Animasi Frame-by-Frame.
a) Animasi Tween
Sebuah cara yang
efektif untuk membuat animasi berupa pergerakan dan
perubahan-perubahan ukuran objek, putaran, perubahan warna, atau
perubahan atribut-atribut lainnya pada keseluruhan waktu tayang untuk
meminimalkan ukuran file.
* Animasi Flash MX dapat membuat dua jenis animasi tween, yaitu :
1. Animasi Motion Tween :
Sebuah animasi yang dibuat dengan
menentukan properti posisi, ukuran, dan rotasi sebuah objek pada suatu
titik. Animasi ini juga dapat dibuat mengikuti sebuah alur (path)
nonlinear.
2. Animasi Shapes Tween
Sebuah animasi yang
dibuat dengan menggambar sebuah bentuk pada suatu titik. Aplikasi ini
akan menyisikan nilai-nilai atau bentuk-bentuk pada frame-frame
diantaranya untuk membuat animasi.
b) Animasi Frame-by-Frame
Animasi yang dibuat
dengan mengubah isi-isi objek animasi pada stage dalam setiap
framenya. Animasi ini sangat cocok digunakan untuk pembuatan
animasi-animasi yang sangat kompleks dalam membuat perubahan-perubahan
image dalam setiap frame.
Animasi Frame-by-Frame dapat meningkatkan ukuran file lebih banyak dengan cepat daripada animasi tween.
# Dalam
Animasi Frame-by-Frame, aplikasi Flash MX meletakkan nilai-nilai untuk
setiap frame dan key frame secara lengkap, sehingga membutuhkan ruang
penyimpanan data yang lebih banyak.
# Dalam Animasi Tween hanya menyimpan data keyfraame awal dan keyframe akhir.
ليست هناك تعليقات:
إرسال تعليق